PENGERTIAN OTOMATISASI KANTOR
Pengertian Otomatisasi Kantor
Otomatisasi dalam bahasa Inggris disebut automation
memiliki padanan kata Mechanization dan Computerization (Lernout & Hauspie
Speech Products N. V., 1993).
Automation memiliki dua makna yaitu :
Ø
The use of automatic
equipment to save mental and manual labour (Penggunaan peralatan otomatis untuk
menghemat pikiran dan tenaga)
Ø
The
automatic control of the manufacture of a product through its successive stages
( Kendali otomatis dalam pembuatan suatu produk dengan tahapan yang sistematis
).
Mechanization yang memiliki kata kerja mechanize memiliki
arti give a mechanical caracter to (Menerapkan sistem mekanis), dan
compurization dengan kata kerja computerize mengandung makna :
Ø
Equip with a computer,
install a computer (Menggunakan komputer)
Ø
Tore, perform or
produce by computer (Menyimpan, melaksanakan atau menghasilkan dengan komputer)
Perkantoran merupakan kegiatan yang berhubungan dengan pelayanan
(service) dalam perolehan, pencatatan, penyimpanan, penganalisaan, dan
pengkomusikasian informasi.
Cakupan aktivitas perkantoran meliputi kegiatan kegiatan
seperti pencatatan, pembuatan dan pengelolaan naskah (Word Processing);
penyajian/display, pengelompokan/sortir dan kalkulasi data (spreadsheet);
pengelolaan database; melakukan perjanjian, pertemuan dan penjadwalan
(appointment); presentasi; korespondensi; dokumentasi dan sebagainya.
Otomatisasi perkantoran berarti pengalihan fungsi manual peralatan
kantor yang banyak menggunakan tenaga manusia kepada fungsi fungsi otomatis
dengan menggunakan peralatan mekanis khususnya komputer.
Asal mula otomatisasi perkantoran di awal 1960-an, ketika
IBM menciptakan istilah word processing untuk menjelasakan kegiatan devisi
mesin tik listriknya. Bukti nyata,pada tahun 1964-an, ketika IBM memasarkan
mesin yang disebut Magnetic Tape/Selectrice Typewriter (MT/ST) yaitu mesin
ketik yang dapat mengetik kata kata yang telah direkam pada pita magnetik
secara otomatis.
Pada dasarnya ada empat kategori pemakai otomatis kantor,
yaitu :
1. Manajer
adalah orang yang bertanggung jawab mengelola sumber daya perusahaan teritama
sumber daya manusia.
2. Profesional yakni tidak mengelola orang tetapi
menyumbang keahlian khususnya ( pembeli, wiraniaga dan asisten staff khusus).
Manajer dan profesional dikenal sebagai pekerja terdidik.
3. Sekretaris biasanya ditugaskan pada pekerja terdidik
tertentu untuk melaksanakn berbagai tugas menangani korespondensi, menjawab
telepon, dan mengatur jadwal pertemuan.
4. Clerical employee (pegawai administratif) melaksanakan
tugas tugas untuk sekretaris, seperti mengoperasikan mesin fotocopy, menyusun
dokumen dan mengirimkan surat
bermanfaat bagusss
BalasHapuslumayan bagus min...
BalasHapusbagusss
BalasHapus